Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Sarjana Ekonomi berkeahlian Manajemen Bisnis yang mempunyai pengetahuan dan pemahaman yang luas tentang prinsip, konsep, tujuan, dan praktek manajemen dalam organisasi;
  2. Sarjana Ekonomi berkeahlian Manajemen yang mempunyai kemampuan menemukan, memahami, menjelaskan masalah dan merumuskan cara memecahkan masalah yang ada dalam organisasi dan mengambil keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan;
  3. Sarjana Ekonomi berkeahlian manajemen yang mempunyai keterampilan melakukan penelitian berdasarkan pemahaman terhadap metodologi penelitian dan teknik analisis yang relevan (Problem based-learning dengan strategi case study/studi kasus.
  4. Sarjana Ekonomi berkeahlian manajemen yang menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang berkelanjutan dan menunjang kemajuan dunia usaha khususnya di sektor usaha kecil dan menengah.
  5. Sarjana Ekonomi berkeahlian Manajemen yang mempunyai jiwa kewirausahaan;
  6. Sarjana Ekonomi berkeahlian Manajemen yang mempunyai kemampuan bekerja sama dalam tim, berkomunikasi secara efektif, serta memiliki sikap dan perilaku etis.
  7. Memiliki lingkungan belajar mengajar yang terintegrasi dengan dunia usaha serta menjunjung tinggi etika akademik dan mempunyai daya saing secara global.

Untuk memberikan arah dan pedoman bagi PSM FE UPB, maka terdapat tujuan yang harus diwujudkan dalam tata kelola penyelenggaraan pendidikan tinggi Strata-1 yang berkualitas, sehingga dapat menjadi tuntunan bagi program studi manajemen untuk memenuhi standar pendidikan tinggi, menjadi acuan bagi upaya pencapaian tujuan kegiatan pendidikan, pengajaran, pengabdian kepada masyarakat yang efektif dan efisien, serta menjadi dasar pedoman untuk melakukan evaluasi dan tindak lanjut bagi perbaikan-perbaikan program studi manajemen di masa yang akan datang.

 

Agar tujuan dapat direalisasikan secara efektif dan efisien, maka dibutuhkan strategi yang menjadi acuan bagi pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Adapun strategi yang dilakukan oleh program studi manajemen adalah sebagai berikut:

  1. Pemantapan dan peningkatan kualitas pengelolaan kelembagaan dan sumber daya manusia untuk mendukung pelaksanaan Tridharma yang berdaya saing secara global.
  2. Peningkatan kualitas pembelajaran dengan studi kasus dan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).
  3. Peningkatan keterlibatan mahasiswa dari dalam dan luar program studi dalam penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bersama dengan dosen yang dapat menjadi acuan dalam proses pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
  4. Strategi agar mahasiswa lulus tepat waktu dan mencapai target IPK yang diharapkan adalah menyelenggarakan kuliah dalam kelas maksimal 30 sampai dengan 40 mahasiswa oleh tim dosen pengajar. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan intensitas interaksi dosen dengan mahasiswa.
  5. Strategi perbaikan nilai bagi mahasiswa dan mencegah kegagalan memprogramkan seminar usulan penelitian untuk mahasiswa yang mendapat nilai kurang (Nilai C atau D) atau tidak lulus (Nilai E) adalah dengan memperluas komponen penilaian, meningkatkan motivasi pembelajaran dan membuka kelas untuk setiap mata kuliah tersebut pada setiap semester yang berjalan. Hal ini untuk menghindari mahasiswa tertunda kelulusannya, karena ada mata kuliah yang belum lulus. Kesempatan yang sama juga diberikan kepada mahasiswa yang berminat memperbaiki nilai untuk mencegah kegagalan memprogramkan usulan seminar penelitian (syarat seminar usul penelitian dengan IPK minimal 2,00 dan lulus mata kuliah minimal 133 sks).
  6. Strategi agar mahasiswa dapat menyelesaikan skripsi tepat waktu yaitu capaian waktu penyelesaian skripsi rata-rata 3 sampai 6 bulan adalah dengan memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk melakukan konsultasi dengan dua orang pembimbing. Selain itu juga proses konsultasi dan pembimbingan dilakukan di lokasi kampus PSM FE UPB.
  7. Strategi meningkatkan softskills lulusan dilakukan dengan kegiatan antara lain diskusi ilmiah mengundang alumni, pakar atau motivator untuk lebih meningkatkan kepercayaan diri dan wawasan mahasiswa (selain yang menyatu dengan mata kuliah) dan bimbingan teknis.
  8. Strategi meningkatkan motivasi pembelajaran bagi dosen dan mahasiswa yaitu menyiapkan sarana dan prasarana seperti referensi bahan ajar, kontrak perkuliahan, yang dibuat dosen bagi seluruh mahasiswa. PSM FE UPB memberikan insentif bagi dosen atau tim dosen yang membuat bahan ajar atau merevisi bahan ajar. Selain itu, perpustakaan dilengkapi dengan buku ajar yang bersifat (text book dan e-book) terbitan tahun terakhir yang dapat dibaca ataupun dipinjam. Strategi ini dicapai dengan mewajibkan mahasiswa membuat rangkuman berdasarkan bahan dan referensi yang tersedia.
  9. Strategi peningkatan motivasi dan prestasi mahasiswa/i adalah dengan memberikan motivasi berupa fasilitas maupun penghargaan yang memadai untuk mahasiswa/i mengikuti dan mengadakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam bidang ilmiah.
  10. Meningkatkan Pusat Informasi Ilmiah di Bidang Manajemen dan Bisnis yang berbasis kearifan lokal dan business digital.